Agromaret.com Platform Agribisnis Masa Depan

Industri hilir di bidang pertanian sampai saat ini masih sangat terbatas, terutama di negara Indonesia. Padahal industri hilir di bidang pertanian memiliki peran yang sangat penting dalam mensejahterakan petani. Satu hal yang sangat penting dalam upaya mensejahterakan petani adalah memutus rantai pemasaran produk-produk pertanian. Apabila rantai pemasaran semakin panjang maka semakin merugikan petani, pasalnya harga jual petani akan jauh lebih murah dibandingkan harga beli di tingkat konsumen akhir.

 

Melalui platform agromaret.com, permasalahan panjangnya rantai pemasaran dapat diputus. Agromaret.com merupakan platform agribisnis modern yang mempertemukan petani, sekaligus sebagai penjual, dengan pembeli secara langsung. Agromaret.com memiliki visi memperpendek dan memutus rantai pemasaran produk-produk pertanian. Melalui visi ini, agromaret.com berusaha mewujudkan kesejahteraan bagi petani di Indonesia.

 

Platform agromaret.com telah memiliki member agripreuner sebanyak 120,671. Member agripreuner yang tergabung di agromaret.com merupakan petani yang tersebar di seluruh Indonesia. Petani yang tergabung tidak hanya petani mandiri, tetapi ada yang sudah memiliki PT maupun CV. Tidak hanya bidang pertanian, platform agromaret.com ini juga bergerak untuk menyejahterakan peternak dan nelayan.

 

Cara mendaftar menjadi penjual di agromaret.com sangatlah mudah. Calon member dapat mengisi formulir online yang dapat diakses di website resmi agromaret.com pada menu “Daftar”. Pada menu “daftar”, calon penjual akan disediakan pilihan formulir pendaftaran, yakni formulir pendaftaran yang disediakan oleh agromaret.com, maupun daftar via facebook dan via google.

 

Melalui platform agromaret.com, petani perorangan atau perusahaan pertanian dapat mengiklankan dan menjual produk pertaniannya secara mandiri. Cara mengiklankan produk pertanian di agromaret.com sangatlah mudah. Member melakukan login profil terlebih dahulu dan langsung bisa mengiklankan produk yang akan dijualnya. Iklan yang sudah diunggah oleh penjual akan direview oleh pihak agromaret untuk dikoreksi apabila terdapat kesalahan. Setelah dikoreksi iklan akan ditamplikan di laman agromaret.com.

 

Produk-produk yang dijual melalui platform agromaret.com ini memiliki harga yang relatif sama dengan harga pasar. Bahkan pembeli dapat melalukan negosiasi dengan penjual apabila harga terlalu mahal ataupun tidak sesuai dengan kategori produknya. Proses negosiasi antara penjual dan pembeli ini, diharapkan dapat meminimalisir ketidakpuasan antar kedua belah pihak. Pasalnya, produk-produk pertanian merupakan salah satu produk yang rentan terhadap kerusakan, baik kerusakan secara kualitas maupun kuantitas. Apabila negosiasi ini tidak dilakukan oleh kedua belah pihak, maka pembeli tidak diperbolehkan komplain apabila produk yang dipesan mengalami kerusakan selama di perjalanan pengiriman.

 

Apabila barang sudah diterima oleh pembeli, dan ternyata barangnya mengalami kerusakan, pembeli bisa mengembalikan barang kepada penjual. Pengembalian barang ini dapat dilakukan apabila memenuhi beberapa syarat, salah satunya barang yang diterima tidak sesuai dengan hasil negoisasi yang telah dilakukan sebelumnya. Apabila selama negoissasi pembeli tidak memberikan batasan-batasan kerusakan pada barang, maka barang yang sudah dibeli tidak bisa dikembalikan.

 

Selain memberikan fasilitas penjualan dan pembelian, agromaret.com juga menyediakan platform kerjasama. Platfom ini ditujukan untuk perusahaan, instasi, atau perorangan yang ingin menlain kerjasama dengan perusahaan lain. Perusahaan atau perorangan yang menjalin kerjasama melalui platform agromaret.com akan difasilitasi menawarkan kerjasamanya dan dipost di websiter resmi agromaret.com.

 

Produk-produk yang dijual melalui platform agromaret.com ini adalah produk pertanian, peternakan, perikanan, maupun produk lainnya yang berkaitan dengan pertanian. Selain produk pertanian, agromaret.com juga memberikan fasilitas penjualan jasa, penjualan lahan/tanah, dan kategori lainnya.

 

Sampai saat ini, telah tercatat lebih dari sembilan ribu visitor yang mengunjungi website agromaret.com setiap harinya dan lebih dari empat ratus lima puluh transaksi dilakukan oleh penjual dan pembeli di agromaret.com. Jumlah barang yang dibeli pun bisa mencapai puluhan ton bahkan ratusan ton setiap transaksi. Platform agromaret.com ini tidak hanya bergerak di lingkup nasional, tetapi sudah merambah di kancah internasional.

 

Melalui transaksi dengan keamanan tinggi, platform agromaret.com dapat dijadikan model agribisnis masa depan yang menjanjikan. Selain itu, melalui visi memutus rantai pemasaran produk pertanian, agromaret.com dapat menjadi acuan dalam memasarkan produk-produk pertanian, peternakan, dan perikanan. Sehingga kesulitan petani, peternak, maupun nelayan dalam memasarkan produk olahannya dapat diatasi melalui platform agromaret.com.

 

 

 

 

Satu tanggapan untuk “Agromaret.com Platform Agribisnis Masa Depan”

  1. With thanks! Valuable information!

    Suka

Tinggalkan komentar

Situs yang Didukung WordPress.com.